Hermanus TR Saat Dikukuhkan Kembali Menjadi Ketua PHD AMAN Melawi Dengan Ritual Adat.

Melawi – Komunitas Masyarakat Adat anggota AMAN di Kabupaten Melawi, melakukan Musyawarah Daerah (Musda) Ke – II. bertempat di Balai Pertemuan Dusun Pelaik Keruap Desa Pelaik Keruap Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi, Sabtu 3 Agustus 2024.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 13 dari total 19 komunitas anggota AMAN yang ada di Kabupaten Melawi. Selain itu, Musda tersebut jug dihadiri Pj Ketua AMAN Kalbar Tono, Biro OKK AMAN Kalbar Bobpi Kaliyono, dan Perwakilan dari Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Kalbar Feriansyah.

Acara diawali dengan ritual adat penyambutan yang dipimpin oleh tetua adat setempat, kemudian dilanjutkan dengan Dialog Umum. Penyelenggaraan Musda II AMAN Melawi mengangkat tema “Memperkuat Solidaritas Kampung Menuju Masyarakat Adat Yang Berdaulat, Mandiri dan Bermartabat”.

Musda ini dilakasanakan dalam kurun waktu 5 tahun sekali tepatnya diakhir periode kepengurusan. Salah satu agendanya adalah, mengumpulkan Masyarakat adat yang tergabung di AMAN melawi untuk melakukan musyawarah dan mufakat dengan tujuan untuk memilih dan menetapkan kepengurusan baru di Pengurus Daerah AMAN Melawi.

Dari hasil musyawarah tersebut, menghasilkan suatu mufakat yakni menunjuk kembali Hermanus TR sebagai Ketua Pelaksana Harian Daerah AMAN Melawi Periode 2024 – 2029 beserta 5 orang dari utusan komunitas sebagai Dewan AMAN Daerah Melawi.

Tono Pj Ketua AMAN Kalbar Menyerahkan Bendera AMAN Kepada Hermanus TR

Baca Juga, AMAN Kalbar Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Pontianak. https://kalbar.aman.or.id/2024/07/23/aman-kalbar-pks-fh-ump/

Dalam sambutannya, Hermanus TR menyampaikan bahwa hasil musyawrah yang disepakati komunitas merupakan sebuah amanah yang harus dijalankan.

“Saya berkomitmen untuk melanjutkan kerja-kerja AMAN di Kabupaten Melawi, dan berharap kita semua bekerja Bersama untuk mewujudkan harapan Masyarakat Adat di Kabupaten Melawi ini,” ucap Hermanus.

Kita akan terus mendorong Percepatan pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Melawi ini. Kemudian pemetaan wilayah adat secara partisipatif akan terus dilanjutkan. Tuturnya. Setelah mengucapkan janji AMAN yang dipimpin oleh Tono selaku Pj Ketua PW AMAN Kalbar.

kemudian acara ditutup dengan pengukuhan kepengurusan PD AMAN Melawi melalui ritual adat.

***

Writer : Bobpi Kaliyono | Kalimantan Barat
Editor : Kurnianto Rindang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *