Perekonomian masyarakat Adat di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat saat ini bisa sedikit terbantu, terutama petani tengkawang. Pasalnya, saat ini sudah dibangun pabrik tengkawang yang diresmikan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno. Peresmian pabrik dilakukan di Desa Anggajaya, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang pada  24 Februari 2020.

Selama ini masyarakat yang memiliki mata pencaharian sebagai petani tengmawang tidak tau harus menjual hasil kebun tengkawang mereka kemana. Sehingga muncul keinginan dari masyarakat agar adanya pabrik tengkawang, karena tengkawang menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat.

Bupati Sintang, Jarot Winarno berharap agar masyarakat tidak ada lagi yang menebang pohon Tengkawang, sehingga sumber air pun terjagga sekaligus mendukung program Sintang Lestari. Pabrik tengkawang ini diharapkan menjadi awal munculnya perusahaan-perusahaan yang forestwise atau bijak dalam penggunaan hutan, terutama di wilayah adat.

Ketua Pengurus Daerah AMAN Sintang mengatakan bahwa dengan adanya pabrik tengkawang ini diharapkan dapat mendukung perekonomian masyarakat, dan juga  muncul kebun tengkawang yang baru nantinya, sebab Saat ini perusahaan masih mencari daerah-daerah yang menjadi sumber tengkawang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *